Minggu, 13 April 2014

pemasaran Bank BCA dan Analisis peluang


MARKETING MIX

1.  Produk
·        Brand : mempunyai merek yang unggul dan kualitas
·        Fisik produk :  jenis tabungan Tahapan BCA, Tahapan Gold, Tapres, Giro BCA, dan Deposito Berjangka. Menyediakan berbagai kredit perbankan KPR BCA KPR BCAXtra, Refinancing, KPA BCA dan KKB BCA bagi nasabah yang berniat membeli rumah, apartemen, atau kendaraan.
2.      Price
Market skiming  :Dengan memberikan nilai yang relatif tinggi.
Ada beberapa contoh besarnya biaya pembukaan rekening.

TAHAPAN BCA                            

KETERANGAN
BESARNYA
Setoran Awal Minimum
500.000
Setoran Minimum Selanjutnya
50.000
Saldo Minimum Ditahan
10.000
Biaya Penggantian Buku Karena Rusak
5.000
Biaya Cetak Mutasi GTU (per GTU)
5.000
Biaya Penutupan Rekening
5.000

                                                                                                             
DEPOSITO BERJANGKA

KETERANGAN
BESARNYA
Setoran Minimum (Yayasan)
8.000.000  
Setoran Minimum (Perorangan)
8.000.000  


GIRO BCA
KETERANGAN
BESARNYA
Setoran Minimum (Perusahaan & Perorangan)
1.000.000 
Biaya Buku Cek/Giro
100.000 
Biaya Tolakan Cek/BG: *)
- alasan saldo tidak cukup
125.000 
- alasan lain sesuai SKNBI
100.000 
Biaya Counter Cek Per Lembar
10.000

TAHAPAN GOLD

KETERANGAN
 BESARNYA
 Saldo Rata-Rata Minimum per-bulan
      10.000.000
 Biaya Administrasi Dibawah Saldo Minimum
          25.00

  1. Place
Memiliki 889 kantor cabang di seluruh Indonesia di samping dua kantor perwakilan di Hong Kong dan Singapura. Jasa-jasa khusus bagi pelanggan premium BCA Prioritas juga tersedia di 130 kantor cabang. Di tingkat international, BCA bekerja sama dengan lebih dari 1.831 bank koresponden di 108 negara guna menyediakan jasa-jasa seperti Perintah Pembayaran (Payment Order).


     4. Promotion
Strategi promosi yang dilakukan meliputi :
  • Advertising, iklan-iklan di mediaseperti di Koran, tv, dan beberapa marketing menawarkan produknya kepada nasabah.
  • Sales Promotion, Mendapatkan hadiah dengan melakukan pendebetan dari tabungan dan melakukan transaksi  sebanyak mungkin.
           

     5. People
Orang sangat berperan dalam perusahaan jasa karena terlibat langsung menyampaikan produk ke pelanggan. Bagaimanapun kemajuan teknologi, fungsi orang sebagai bagian dari pelayanan tidak dapat digantikan

6. Process
 Proses menyangkut kegiatan menggerakkan aktivitas perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk itu, semua aktivitas kerja adalah proses melibatkan prosedur, jadwal, tugas mekanisme, aktivitas dan rutinitas. Unsur proses yang dipahami pelanggan dan sesuai dengan  yang dijanjikan akan turut menentukan kepuasan pelanggan.

7. Physical Evidence
Penampilan fisik suatu perusahaan sangat berpengaruh sekali terhadap nasabah untuk membeli atau menggunakan produk jasa yang ditawarkan.


Anaisis Peluang (SWOT


Kekuatan (Strength) :

Merupakan hal-hal yang dapat menjadi kekuatan, yang dimiliki oleh perusahaan, biasanya berujud sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Termasuk di dalamnya tenaga kerja, goodwill, modal, mesin dan sebagainya. Kekuatan ini dapat dieksploitasi untuk meminimumkan ancaman ataupun menghilangkan dampak yang diakibatkan oleh ancaman lingkungan. Kekuatan usaha ini dapat dikontrol dan diawasi untuk kepentingan atau pengembangan perusahaan. Kekuatan ini bersumber dari dalam perusahaaan sehingga penggunaanya memungkinkan untuk direncanakan maupun dijadwalkan. Pada Bank BCA kekuatan terletak pada :

1.    Menjadi pelopor dalam infrastruktur pendukung national payment systemyang sulit tersaingi oleh kompetitornya.

2.    Menjadi bank pertama di Indonesia yang melakukan melakukan proses edukasi sistematis dalam pemakaian layanan ATM dan internet banking.

3.    Posisi Bank BCA sebagai standard setter dari bank – bank pesaingnya bukan hanya di produk layanan, tetapi untuk penambahan jenis electronic delevery channel nya menjadi benchmark bagi para pesaing.

4.    BCA sudah dikenal reputasinya di dalam dan luar negeri sebagai bank yang selalu mengambil keputusan tepat dalam pemilihan teknologi dan waktu penerapannya.

5.    Tim manajemen yang sangat profesional yang selalu mengikuti kebijakan dan regulasi perbankan nasional dan internasional ;

6.    Sumber daya manusia (SDM) yang terlatih baik dan berorientasi pada pelayanan bagi nasabah

7.    Rangkaian produk dan jasa yang inovatif dan memenuhi kebutuhan yang aktual ;

8.    Pemanfaatan teknologi paling mutakhir secara tepat ;

9.    Upaya yang terus-menerus dalam mempertahankan tingkat pengamanan perbankan yang paling tinggi ;

10. Jaringan yang luas dari kantor cabang dan kantor cabang pembantu di seluruh Indonesia ;

Kelemahan (Weakness):

Merupakan segala sesuatu yang menjadi kelemahan atau kendala-kendala yang menyebabkan perusahaan sulit untuk berkembang atau meningkatkan kinerja perusahaannya. Kelemahan ini dapat pula menjadi variabel yang sama dengan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya tenaga kerja yang tidak terampil, tidak cukupnya modal usaha, dan kapasitas mesin yang tidak memadai.
Seperti halnya kekuatan, kelemahan ini juga berasal dari dalam perusahaan atau dapat dikatakan sesuatu yang dibutuhkan untuk pengembangan perusahaan namun tidak dimiliki atau sangat kurang kapasitasnya. Karena berada di dalam perusahaan maka kelemahan ini dapat ditekan sehingga dari luar tidak nampak sebagai kelemahan.

Kelemahan pada Bank BCA yaitu :

1.    Layanan perbankan BCA yang selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi masih perlu disempurnakan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan dari para nasabah.

2.    Konsentrasi alokasi kredit BCA lebih terfokus pada korporasi perusahaan menengah keatas, sehingga sangat rawan terhadap kemungkinan kredit macet ketika iklim ekonomi sedang krisis dan nilai tukar mata uang yang fluktuatif.

3.    BCA belum menjadi bank pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia yang mampu mengakomodasi sebagian besar kebutuhan mereka akan layanan perbankan.

Kesempatan (Opportunity):

Peluang merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk berkembang. Peluang yang ada tersedia di lingkungan perusahaan dan umumnya tidak bias disediakan oleh perusahaan. Perusahaan hanya menyesuaikan diri dengan kesempatan yang muncul. Contoh: adanya pelaksanaan otonomi daerah, adanya perkembangan teknologi dan sebagainya. Peluang merupakan faktor lingkungan yang menjadi pendorong bagi suatu perusahaan untuk berkembang. Peluang dari Bank BCA adalah :

1. Sejalan dengan tekad pemerintah yang terus mengembangkan perekonomian Indonesia

2. Pencanangan tahun 2008 sebagai tahun edukasi perbankan bagi masyarakat, memungkinkan dunia perbankan bertarung secara kompetitif untuk berebut nasabah.

3. Kecenderungan pola hidup masyarakat yang konsumtif, merupakan salah satu peluang yang perlu dicermati untuk meningkatkan jenis produk jasa kredit perbankan dan kualitas pelayanan bagi nasabah.

4. Kecepatan kemajuan teknologi informasi sangat mendukung komitmen BCA untuk mempermudah pelayanan demi meningkatkan kepuasan nasabah.

Hambatan (Threat) :

Ancaman adalah suatu situasi yang dapat mengurangi kemampuan bisnis atau perusahaan untuk melindungi dan memperbaiki kedudukan kompetitipnya dalam pasar. Ancaman termasuk ke dalam variable yang juga tidak dapat diciptakan oleh perusahaan. Selain itu ancaman inipun tidak dapat pula dihilangkan, namun dapat diperkecil intensitasnya untuk muncul. Contoh Kurang konsistennya kebijakan pemerintah pusat, terbatasnya keuangan daerah, masuknya perusahaan besar sebagai pesaing, terbatasnya bahan baku industri, kebijakan otonomi daerah yang berlebihan dan sebagainya. Faktor – faktor ancaman pada Bank BCA adalah :

1.    Perkembangan dunia bisnis semakin kompleks dengan tingkat persaingan yang tinggi ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang terus bergejolak dan tingkat inflasi yang cukup tinggi.

2.    Masyarakat cenderung meminati layanan perbankan yang simple dan menawarkan berbagai macam fleksibilitas serta berbagai macam hadiah yang menggiurkan.

3.    Tingkat inflasi yang terus meningkat mengurangi minat masyarakat untuk menyimpan uang di bank.








TABEL MATRIK SWOT
  

Strategi SO
·    Mengembangkan  infrastruktur, jaringan, system dan pelayanan dengan kekuatan SDM yang baik dan Teknologi yang semakin meningkat.

Strategi WO
·    Memperbanyak cabang jaringan dan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih, untuk menambah dan mempermudah nasabah dan meningkatkan nasabah.
Tersebut diatas

Strategi ST
·    Memberikan pelayanan yang simple, biaya murah, dan banyak promosi untuk mengatasi hambatan persaingan yang ada

Strategi WT
   
·    Selalu memafaatkan iklan dan promosi yang menarik untuk menarik perhatian dan simpati calon nasabah atau masyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar