MARKETING
MIX
1. Produk
·
Brand : mempunyai merek yang unggul dan kualitas
·
Fisik produk :
jenis tabungan Tahapan BCA, Tahapan Gold, Tapres, Giro BCA, dan Deposito
Berjangka. Menyediakan berbagai kredit perbankan KPR BCA KPR BCAXtra,
Refinancing, KPA BCA dan KKB BCA bagi nasabah yang berniat membeli rumah,
apartemen, atau kendaraan.
2.
Price
Market skiming :Dengan memberikan nilai yang
relatif tinggi.
Ada beberapa contoh besarnya biaya pembukaan rekening.
TAHAPAN
BCA
KETERANGAN
|
BESARNYA
|
Setoran
Awal Minimum
|
500.000
|
Setoran
Minimum Selanjutnya
|
50.000
|
Saldo
Minimum Ditahan
|
10.000
|
Biaya
Penggantian Buku Karena Rusak
|
5.000
|
Biaya
Cetak Mutasi GTU (per GTU)
|
5.000
|
Biaya
Penutupan Rekening
|
5.000
|
DEPOSITO BERJANGKA
KETERANGAN
|
BESARNYA
|
Setoran
Minimum (Yayasan)
|
8.000.000
|
Setoran
Minimum (Perorangan)
|
8.000.000
|
GIRO BCA
KETERANGAN
|
BESARNYA
|
Setoran
Minimum (Perusahaan & Perorangan)
|
1.000.000
|
Biaya
Buku Cek/Giro
|
100.000
|
Biaya
Tolakan Cek/BG: *)
|
|
-
alasan saldo tidak cukup
|
125.000
|
-
alasan lain sesuai SKNBI
|
100.000
|
Biaya Counter Cek Per Lembar
|
10.000
|
TAHAPAN GOLD
KETERANGAN
|
BESARNYA
|
Saldo
Rata-Rata Minimum per-bulan
|
10.000.000
|
Biaya
Administrasi Dibawah Saldo Minimum
|
25.00
|
- Place
Memiliki 889 kantor cabang di seluruh Indonesia di
samping dua kantor perwakilan di Hong Kong dan Singapura. Jasa-jasa khusus bagi
pelanggan premium BCA Prioritas juga tersedia di 130 kantor cabang. Di
tingkat international, BCA bekerja sama dengan lebih dari 1.831 bank
koresponden di 108 negara guna menyediakan jasa-jasa seperti Perintah
Pembayaran (Payment Order).
4. Promotion
Strategi promosi yang
dilakukan meliputi :
- Advertising, iklan-iklan di mediaseperti
di Koran, tv, dan beberapa marketing menawarkan produknya kepada nasabah.
- Sales Promotion, Mendapatkan
hadiah dengan melakukan pendebetan dari tabungan dan melakukan
transaksi sebanyak mungkin.
5. People
Orang sangat
berperan dalam perusahaan jasa karena terlibat langsung menyampaikan produk ke
pelanggan. Bagaimanapun kemajuan teknologi, fungsi orang sebagai bagian dari
pelayanan tidak dapat digantikan
6. Process
Proses menyangkut kegiatan
menggerakkan aktivitas perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk itu,
semua aktivitas kerja adalah proses melibatkan prosedur, jadwal, tugas
mekanisme, aktivitas dan rutinitas. Unsur proses yang dipahami pelanggan dan
sesuai dengan yang dijanjikan akan turut menentukan kepuasan pelanggan.
7. Physical Evidence
Penampilan fisik suatu
perusahaan sangat berpengaruh sekali terhadap nasabah untuk membeli atau
menggunakan produk jasa yang ditawarkan .
Anaisis Peluang (SWOT
Kekuatan
(Strength) :
Merupakan
hal-hal yang dapat menjadi kekuatan, yang dimiliki oleh perusahaan, biasanya
berujud sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan baik sumber daya manusia
maupun sumber daya lainnya. Termasuk di dalamnya tenaga kerja, goodwill, modal,
mesin dan sebagainya. Kekuatan ini dapat dieksploitasi untuk meminimumkan
ancaman ataupun menghilangkan dampak yang diakibatkan oleh ancaman lingkungan.
Kekuatan usaha ini dapat dikontrol dan diawasi untuk kepentingan atau
pengembangan perusahaan. Kekuatan ini bersumber dari dalam perusahaaan sehingga
penggunaanya memungkinkan untuk direncanakan maupun dijadwalkan. Pada Bank BCA
kekuatan terletak pada :
1.
Menjadi pelopor dalam infrastruktur pendukung national payment systemyang sulit
tersaingi oleh kompetitornya.
2.
Menjadi bank pertama di Indonesia yang melakukan melakukan proses edukasi
sistematis dalam pemakaian layanan ATM dan internet banking.
3.
Posisi Bank BCA sebagai standard setter dari bank – bank pesaingnya bukan hanya
di produk layanan, tetapi untuk penambahan jenis electronic delevery channel
nya menjadi benchmark bagi para pesaing.
4.
BCA sudah dikenal reputasinya di dalam dan luar negeri sebagai bank yang selalu
mengambil keputusan tepat dalam pemilihan teknologi dan waktu penerapannya.
5.
Tim manajemen yang sangat profesional yang selalu mengikuti kebijakan dan
regulasi perbankan nasional dan internasional ;
6.
Sumber daya manusia (SDM) yang terlatih baik dan berorientasi pada pelayanan
bagi nasabah
7.
Rangkaian produk dan jasa yang inovatif dan memenuhi kebutuhan yang aktual ;
8.
Pemanfaatan teknologi paling mutakhir secara tepat ;
9.
Upaya yang terus-menerus dalam mempertahankan tingkat pengamanan perbankan yang
paling tinggi ;
10.
Jaringan yang luas dari kantor cabang dan kantor cabang pembantu di seluruh
Indonesia ;
Kelemahan
(Weakness):
Merupakan
segala sesuatu yang menjadi kelemahan atau kendala-kendala yang menyebabkan
perusahaan sulit untuk berkembang atau meningkatkan kinerja perusahaannya.
Kelemahan ini dapat pula menjadi variabel yang sama dengan kekuatan yang
dimiliki oleh perusahaan. Misalnya tenaga kerja yang tidak terampil, tidak
cukupnya modal usaha, dan kapasitas mesin yang tidak memadai.
Seperti
halnya kekuatan, kelemahan ini juga berasal dari dalam perusahaan atau dapat
dikatakan sesuatu yang dibutuhkan untuk pengembangan perusahaan namun tidak
dimiliki atau sangat kurang kapasitasnya. Karena berada di dalam perusahaan
maka kelemahan ini dapat ditekan sehingga dari luar tidak nampak sebagai kelemahan.
Kelemahan
pada Bank BCA yaitu :
1.
Layanan perbankan BCA yang selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi
masih perlu disempurnakan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan dari para
nasabah.
2.
Konsentrasi alokasi kredit BCA lebih terfokus pada korporasi perusahaan
menengah keatas, sehingga sangat rawan terhadap kemungkinan kredit macet ketika
iklim ekonomi sedang krisis dan nilai tukar mata uang yang fluktuatif.
3.
BCA belum menjadi bank pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia yang
mampu mengakomodasi sebagian besar kebutuhan mereka akan layanan perbankan.
Kesempatan
(Opportunity):
Peluang
merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk berkembang. Peluang yang ada
tersedia di lingkungan perusahaan dan umumnya tidak bias disediakan oleh
perusahaan. Perusahaan hanya menyesuaikan diri dengan kesempatan yang muncul.
Contoh: adanya pelaksanaan otonomi daerah, adanya perkembangan teknologi dan
sebagainya. Peluang merupakan faktor lingkungan yang menjadi pendorong bagi
suatu perusahaan untuk berkembang. Peluang dari Bank BCA adalah :
1.
Sejalan dengan tekad pemerintah yang terus mengembangkan perekonomian Indonesia
2.
Pencanangan tahun 2008 sebagai tahun edukasi perbankan bagi masyarakat,
memungkinkan dunia perbankan bertarung secara kompetitif untuk berebut nasabah.
3.
Kecenderungan pola hidup masyarakat yang konsumtif, merupakan salah satu
peluang yang perlu dicermati untuk meningkatkan jenis produk jasa kredit
perbankan dan kualitas pelayanan bagi nasabah.
4.
Kecepatan kemajuan teknologi informasi sangat mendukung komitmen BCA untuk
mempermudah pelayanan demi meningkatkan kepuasan nasabah.
Hambatan
(Threat) :
Ancaman
adalah suatu situasi yang dapat mengurangi kemampuan bisnis atau perusahaan
untuk melindungi dan memperbaiki kedudukan kompetitipnya dalam pasar. Ancaman
termasuk ke dalam variable yang juga tidak dapat diciptakan oleh perusahaan.
Selain itu ancaman inipun tidak dapat pula dihilangkan, namun dapat diperkecil intensitasnya
untuk muncul. Contoh Kurang konsistennya kebijakan pemerintah pusat,
terbatasnya keuangan daerah, masuknya perusahaan besar sebagai pesaing,
terbatasnya bahan baku industri, kebijakan otonomi daerah yang berlebihan dan
sebagainya. Faktor – faktor ancaman pada Bank BCA adalah :
1.
Perkembangan dunia bisnis semakin kompleks dengan tingkat persaingan yang
tinggi ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang terus bergejolak dan
tingkat inflasi yang cukup tinggi.
2.
Masyarakat cenderung meminati layanan perbankan yang simple dan menawarkan
berbagai macam fleksibilitas serta berbagai macam hadiah yang menggiurkan.
3.
Tingkat inflasi yang terus meningkat mengurangi minat masyarakat untuk
menyimpan uang di bank.
TABEL
MATRIK SWOT
Strategi
SO
·
Mengembangkan infrastruktur, jaringan, system dan pelayanan dengan
kekuatan SDM yang baik dan Teknologi yang semakin meningkat.
Strategi
WO
·
Memperbanyak cabang jaringan dan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih,
untuk menambah dan mempermudah nasabah dan meningkatkan nasabah.
Tersebut
diatas
Strategi
ST
·
Memberikan pelayanan yang simple, biaya murah, dan banyak promosi untuk
mengatasi hambatan persaingan yang ada
Strategi
WT
·
Selalu memafaatkan iklan dan promosi yang menarik untuk menarik perhatian dan
simpati calon nasabah atau masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar