Rabu, 10 Oktober 2012

psikologi konsumen


Pengertian Psiologi Konsumen

Psikologi konsumen adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang perilaku konsumen pada seseorang atau manusia psikologi konsumen berakar pada psikologi periklanan dan penjualan pada psikologi konsumen tercakup penelitian tentang konsumen sebagai pembeli dan masing-masing metode yang digunakan dalam psikologi konsumen memiliki kekuasaan perbedaan dalam hal desain eksperimentalnya subjek yang diteliti prosedur pengumpulan data dan instrument-instrumennya.

Perilaku permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya : pendapatan, selera konsumen, dan harga barang. Disaat kondisi yang lain tidak berubah (cateris paribus) perilaku konsumen yang menjelaskan bagaimana seseorang dengan pendapatan yang diperolehnya dapat membeli berbagai barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya.

Keterkaitan psikologi konsumen terhadap pengambilan keputusan dalam pemasaran

Bisnis ritel atau eceran kini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya dunia usaha. Bisnis ritel yang marak dikalangan kaum muda belakangan ini adalah Distribution Store (Distro) yang menjual barang-barang shooping goods seperti fashion, accesoris, CD, kaset, poster, majalah dan lain-lain. Munculnya distro merupakan suatu inovasi bisnis ritel yang menyediakan produk-produk lokal yang berkualitas secara eksklusif dan harga lebih terjangkau. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda untuk masing-masing individu. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor psikologis. Suharto (2002: 3) mengungkapkan bahwa proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu: faktor sosiokultural (kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi) dan faktor psikologis (sikap, persepsi, motivasi dan gaya hidup).
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kausal karena merupakan penelitian yang bertujuan membuktikan hubungan sebab akibat dari variabel-variabel yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi dimana teknik tersebut akan menguji hipotesis yang menyatakan ada pengaruh secara parsial dan simultan faktor psikologis yang meliputi variabel motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Gaya Hidup (X4), Keyakinan dan Sikap (X5) terhadap keputusan pembelian (Y). Penelitian ini dilakukan pada konsumen Redzone Distro di Kota Blitar. Data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup. Populasi diambil berdasarkan keseluruhan konsumen Redzone Distro Kota Blitar yang rata-rata pengunjung per bulannya berjumlah 750 orang. Data diambil  berdasar nota yang masuk selama 1 semester terakhir selama tahun 2008. Dan diasumsikan 1 nota 1 pembeli. Jumlah sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 88 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Untuk memenuhi tujuan dari penelitian ini, maka digunakan analisis statistik deskriptif atas data yang diperoleh dari penyebaran angket sebagai instrumen penelitian dan analisis statistik inferensial untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis (motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Gaya Hidup (X4), Keyakinan dan Sikap (X5) ) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows 15.0
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel faktor psikologis yang terdiri dari (motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, serta keyakinan dan sikap) secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion. Hal ini berarti konsumen menilai dari banyak segi Redzone Distro telah
memberikan kepuasan bagi mereka. Produk-produk yang berkualitas, sebagian lagi didesain secara eksklusif dan dijual dengan harga yang terjangkau telah memberikan motivasi bagi konsumen untuk melakukan pembelian di Redzone Distro, dan meningkatkan keyakinan konsumen karena mereka memiliki persepsi yang positif akan Redzone Distro. Konsumen yang telah merasa yakin dengan produk yang ditawarkan Redzone Distro akan mewujudkannya dengan sikap positif  berupa tindakan pembelian di Redzone Distro. Saran yang dapat peneliti berikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah hendaknya Redzone Distro terus melakukan pendekatan konsumen, karena konsumen sebagai kunci dasar yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran.Terutama dalam hal ini yang dapat peneliti ajukan adalah pemahaman mengenai faktor psikologis konsumen (motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, keyakinan dan sikap). Pemahaman mengenai faktor psikologis konsumen dapat digunakan Redzone Distro sebagai salah satu dasar dalam menentukan strategi pemasarannya berupa pelayanan konsumen, membentuk komunitas (member), bauran pemasaran (produk, harga, promosi, lokasi, dan distribusi), dan posisioning yang tepat.

Daftar pustaka :


http://www.yahoo.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar