Pengertian Psiologi Konsumen
Psikologi konsumen adalah cabang
ilmu psikologi yang mempelajari tentang perilaku konsumen pada seseorang atau
manusia psikologi konsumen berakar pada psikologi periklanan dan penjualan pada
psikologi konsumen tercakup penelitian tentang konsumen sebagai pembeli dan
masing-masing metode yang digunakan dalam psikologi konsumen memiliki kekuasaan
perbedaan dalam hal desain eksperimentalnya subjek yang diteliti prosedur
pengumpulan data dan instrument-instrumennya.
Perilaku permintaan konsumen
terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :
pendapatan, selera konsumen, dan harga barang. Disaat kondisi yang lain tidak
berubah (cateris paribus) perilaku konsumen yang menjelaskan bagaimana
seseorang dengan pendapatan yang diperolehnya dapat membeli berbagai barang dan
jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya.
Keterkaitan psikologi konsumen
terhadap pengambilan keputusan dalam pemasaran
Bisnis
ritel atau eceran kini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya dunia
usaha. Bisnis ritel yang marak dikalangan kaum muda belakangan ini adalah Distribution
Store (Distro) yang menjual barang-barang shooping goods seperti
fashion, accesoris, CD, kaset, poster, majalah dan lain-lain. Munculnya distro
merupakan suatu inovasi bisnis ritel yang menyediakan produk-produk lokal yang
berkualitas secara eksklusif dan harga lebih terjangkau. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh
faktor-faktor yang berbeda untuk masing-masing individu. Dan salah satu faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor psikologis. Suharto (2002: 3)
mengungkapkan bahwa proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu: faktor
sosiokultural (kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi) dan faktor
psikologis (sikap, persepsi, motivasi dan gaya hidup).
Penelitian
ini termasuk dalam jenis penelitian kausal karena merupakan penelitian yang
bertujuan membuktikan hubungan sebab akibat dari variabel-variabel yang
diteliti. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
regresi dimana teknik tersebut akan menguji hipotesis yang menyatakan ada
pengaruh secara parsial dan simultan faktor psikologis yang meliputi variabel
motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Gaya Hidup (X4), Keyakinan dan
Sikap (X5) terhadap keputusan pembelian (Y). Penelitian ini dilakukan pada konsumen Redzone Distro di
Kota Blitar. Data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup.
Populasi diambil berdasarkan keseluruhan konsumen Redzone Distro Kota Blitar yang rata-rata
pengunjung per bulannya berjumlah 750 orang. Data diambil berdasar nota
yang masuk selama 1 semester terakhir selama tahun 2008. Dan diasumsikan 1 nota
1 pembeli. Jumlah sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak
88 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling.
Untuk memenuhi tujuan dari penelitian ini, maka digunakan analisis statistik
deskriptif atas data yang diperoleh dari penyebaran angket sebagai instrumen
penelitian dan analisis statistik inferensial untuk mengetahui pengaruh faktor
psikologis (motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Gaya Hidup (X4),
Keyakinan dan Sikap (X5) ) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan SPSS for Windows 15.0
Berdasarkan
hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan terdapat
pengaruh positif signifikan antara variabel faktor psikologis yang terdiri dari
(motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, serta keyakinan dan sikap)
secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion. Hal ini berarti konsumen menilai dari
banyak segi Redzone Distro telah
memberikan
kepuasan bagi mereka. Produk-produk yang berkualitas, sebagian lagi didesain
secara eksklusif dan dijual dengan harga yang terjangkau telah memberikan
motivasi bagi konsumen untuk melakukan pembelian di Redzone Distro, dan meningkatkan
keyakinan konsumen karena mereka
memiliki persepsi yang positif akan Redzone Distro. Konsumen yang telah merasa
yakin dengan produk yang ditawarkan Redzone Distro akan mewujudkannya dengan
sikap positif berupa tindakan pembelian di Redzone Distro. Saran yang
dapat peneliti berikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah
hendaknya Redzone Distro terus melakukan pendekatan konsumen, karena konsumen sebagai kunci
dasar yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran.Terutama dalam hal ini yang dapat peneliti ajukan
adalah pemahaman mengenai faktor psikologis konsumen (motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya
hidup, keyakinan dan sikap). Pemahaman mengenai faktor psikologis konsumen dapat digunakan
Redzone Distro sebagai salah satu dasar dalam menentukan strategi pemasarannya berupa
pelayanan konsumen, membentuk
komunitas (member), bauran pemasaran (produk, harga, promosi, lokasi, dan
distribusi), dan posisioning yang tepat.
Daftar pustaka :
http://www.yahoo.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar